Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

TINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI GAME BASE LEARNING

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 19 Februari 2021 JAM 06:43:52 WIB

Seiring dengan perkembangan Teknologi di masa sekarang, game online  memiliki pengaruh besar untuk melemahkan interaksi sosial manusia. Oleh sebab itu, seorang Fasilitator hadir di Pesisir Selatan untuk menguatkan dan merekatkan hubungan serta interaksi sosial melalui Game Board berupa kartu-kartu permainan. Permainan ini adalah permainan berdasarkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kognitif seseorang.

Beginilah keseharian Ratih Muharina, seorang fasilitator permainan berdasarkan pembelajaran saat memainkan beragam kartu dengan tema berbeda-beda. Ratih telah mengaktifkan Gameborad tersebut sejak 2019 lalu. Ia aktif memainkan hal tersebut di kafe maupun di pentas seni di gedung Pustaka daerah Pesisir Selatan.

Meski Gameboard itu sudah ada sejak 2011 lalu di Indonesia, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa game itu mampu meningkat interaksi sosial manusia. Menurutnya Gameboard mampu merekatkan hubungan sosial antara yang satu dengan yang lainnya. Bahkan tak jarang, bagi sebagian orang dewasa dapat menghilangkan stress dan kesuntukan dalam aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, kelebihan permainan ini juga bisa melatih meningkatan kognitif seseorang dan secara tidak sadar juga melatih sesorang untuk problem solving dan penyusunan strategi. Ratih menjelaskan, saat ini terdapat 20 tema permainan yang dimiliki, mulai dari tingkatan anak-anak hingga orang dewasa, permainan tersebut hanya berupa kartu disertai Clu yang nantinya akan diarahkan oleh fasilitaor untuk menentukan hasil dari akhir permainan.

Diantara banyak tema game yang ada, terdapat sejumlah game yang sering dimainkan seperti game pandemic, game bisnis serta permainan-permainan yang berfungsi untuk memberikan penekanan-penekanan dalam nilai-nilai keluarga.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat