Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

RUSUNAWA TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19 DI TUTUP

Kontributor DaerahKesehatan 19 Februari 2021 JAM 06:25:40 WIB

Rusunawa sebagai tempat isolasi warga Pesisir Selatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini tidak lagi difungsikan. Tempat tersebut belum dimanfaatkan karena banyak masyarakat yang menjalani isolasi mandiri dirumah masing-masing.

Beginilah kondisi Rusunawa yang terletak di kenagarian Painan Selatan Kecamatan IV Jurai, yang sempat dipakai sebagai pusat isolasi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat awal Covid-19 melanda, Rusunawa sempat dihuni banyak warga dan dijaga oleh Satpol PP dan pihak Kepolisian, namun sekarang kondisinya sudah sepi dengan pintu yang tertutup.

Juru bicara satgas penanganan Covid-19 Pesisir Selatan, Rinaldi menjelaskan pemerintah daerah belum menggunakan Rusunawa untuk tempat isolasi warga, dengan alasan bahwa tim satgas nagari dan kecamatan diminta untuk berperan aktif dalam penanganan Covid-19, termasuk menyediakan lokasi rumah isolasi.

Untuk mensupport hal itu, pemerintah nagari melalui dana desa dapat memanfaat sekitar 8% dari total anggaran yang ada di masing-masing nagari. Berdasarkan rapat kordinasi yang dilakukan oleh tim satgas, pemerintah nagari dan kecamatan dapat berkaloborasi dan membentuk kordinasi aktif dengan jajaran stakholder terkait, dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, seperti upaya tracing yang aktif terhadap masyarakat yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat