Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

DINAS PARIWISATA PESSEL SIAP KEMBANGKAN DESTINASI WISATA HALAL

Kontributor DaerahPariwisata 08 Februari 2021 JAM 06:18:59 WIB

Dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui retribusi yang dibayar dari setiap setelah adanya bangunan mesjid terapung samudra ilahi dikawasan wisata pantai carocok painan, dinas pariwisata pesisir selatan, menyatakan kesiapan untuk menerapkan destinasi wisata halal. Hal tersebut juga didukung oleh perda provinsi sumatera barat nomor 1 tahun 2020 tentang penyelenggaraan wisata halal. 

Kepala dinas pariwisata, pemuda dan olahraga  kabupaten pesisir selatan hadi susilo, mengatakan penyelenggaraan wisata halal di kawasan destinasi wisata harus didukung oleh sejumlah fasilitas penunjang,seperti tempat ibadah yang bersih dan nyaman, kemudian penyiapan amenitas yang mendukung penyelenggaraan wisata halal itu sendiri.

Hadi menjelaskan,mesjid terapung samudra ilahi yang terletak dikawasan pantai carocok adalah salah satu fasilitas penunjungan dari penerapan wisata halal, wisatawan muslim yang berkunjung juga akan dikesankan dengan sesuatu hal yang baru, ditambah lagi dengan arsitektur dan posisi masjid terapung yang sangat  unik, Untuk itu, hadi menegaskan bahwa pesisir selatan siap ambil bagian untuk menerapkan pariwisata halal di sumatera barat guna mendongkrak jumlah kunjungan turis muslim yang berasal dari kalangan luar, penerapan wisata halal ini juga didukung oleh perda provinsi sumatera barat nomor 1 tahun 2020.

Perda tersebut dimaksudkan agar di destinasi wisata tersedia seperangkat layanan tambahan bagi turis muslim agar bisa berwisata dengan nyaman, tetapi tetap bisa menjalankan kewajiban beribadah, mendapatkan akses untuk kuliner yang higienis dan halal dan jasa pariwisata lainnya. Selain itu,hadi susilo menyampaikan bahwa pada intinya penerapan konsep wisata halal merupakan optimalisasi dari penerapan ajaran dan nilai-nilai agama islam dalam kehidupan sehari. Dampak dari pariwisata halal juga mendorong upaya peningkatan kunjungan,dimana pada tahun 2021 ini,dinas pariwisata setempat menargetkan jumlah kunjungan hingga 1, 5 juta wisatawan,dan diharapkan pengunjung yang datang.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat