Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

JEMAAH UMUR 60 TAHUN BISA BERANGKAT UMROH

TVRI Sumatera BaratKeagamaan 01 Februari 2021 JAM 06:14:19 WIB

Berdasarkan kebijakan terbaru dari pemerintah Arab Saudi, saat ini jemaah umrah yang berusia 18 sampai 60 tahun di izinkan untuk menjalankan ibadah umrah yang sebelumnya dibatasi hingga usia 50 tahun. Pemerintah Arab Saudi kembali mengeluarkan beberapa kebijakan terbaru terkait pelaksanaan ibadah umrah. Beberapa kebijakan umrah tersebut diantaranya adanya penambahan batas usia jemaah yang bisa melaksanakan umrah yakni dengan rentang usia 18 hingga 60 tahun yang sebelumnya hanya pada usia 18 hingga 50 tahun.

Selain itu, bagi jemaah umrah yang terinfeksi covid 19 sesampainya di Arab Saudi, dan jemaah tersebut merupakan pasien covid tanpa gejala maka akan menjalani isolasi di hotel yang telah di sediakan dengan catatan biaya isolasi di tanggung oleh pihak travel umrah ataupun oleh jemaah yang bersangkutan. Namun bagi jemaah yang memiliki gejala, maka biaya perawatan jemaah akan ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi. Adrian Darmawan selaku ketua DPD kesatuan travel umrah RI Sumbar, menilai kebijakan tersebut akan merugikan jemaah dan pengusaha biro perjalanan, karena semuanya biaya dibebankan kepada jemaah dan pengusaha biro perjalanan umrah. Tidak hanya itu, kebijakan tersebut akan berdampak terhadap tidak maksimalnya waktu bagi jemaah untuk menjalani ibadah umrah karena terlalu banyak waktu untuk karantina.

Adrian Darmawan berharap pemerintah Indonesia membantu para pengusaha biro perjalanan dalam menyuarakan suara mereka sehingga pemerintah Arab Saudi kembali mempertimbangkan kebijakan tersebut. Selain itu, pengusaha biro perjalanan di Sumatera Barat mengharapkan pemerintah kembali menjadikan bim sebagai embarkasi umrah dan haji sehingga dapat melindungi para jemaah dari paparan covid 19 karena harus transit di zona merah covid 19  serta mengurangi biaya ibadah umrah dan haji.

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat