Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Industri Kreatif Limbah Perabot Disulap Menjadi Kaca Mata Kayu

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 15 Februari 2020 JAM 06:35:55 WIB

Saat ini banyak inovasi-inovasi kerajinan yang memanfaat limbah, salah satunya pengrajin kacamata di Daerah Paninjauan Kabupaten Tanah Datar. Dari limbah kayu perabot  di sulap menjadi frame kacamata kayu yang berharga dan bernilai seni.

Jika dahulu kacamata lebih difungsikan sebagai alat bantu penglihatan, namun sekarang kacamata sudah menjadi suatu kebutuhan fashion. beragam kacamata beredar di pasaran dengan model tertentu sesuai dengan minat konsumen. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, banyak pelaku dunia bisnis menghadirkan inovasi pada kacamata, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Zulfikar. pemuda asal Paninjauan Kabupaten Tanah Datar ini menyulap limbah kayu perabot menjadi sebuah kerajinan kaca mata.

Bagi Zulfikar, untuk membuat bingkai kaca mata tidak membutuhkan modal yang besar, hanya memanfaatkan limbah kayu yang diambil  dari pengrajin mebel disekitar tempat ia tinggal. limbah kayu yang digunakan seperti limbah kayu jati belanda, surian dan kayu limbah lainnya. Dibengkel kaca matanya, alumni sastra inggris Unand ini hanya bekerja sendiri. dalam sehari ia bisa menghasilkan beberapa kacamata yang di bandrol dari 400 ribu rupiah hingga 750 ribu rupiah, bahkan bisa lebih tergantung model, bahan hingga tingkat kesulitan pembuatanya.

Dalam pemasarannya, Zulfikar memanfaatkan  media sosial, salah satunya instagram. selain itu, ia juga menghadiri berbagai ivent yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan Swasta.

Wartawan : ERICK YULIDRA MARTA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat