Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Penukaran Mata Uang Yuan Mengalami Penurunan

Kontributor DaerahEkonomi 11 Februari 2020 JAM 06:22:45 WIB

Sebagai langkah antisipasi dari pemerintah untuk penyebaran virus corona, pihak pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju ke Tiongkok. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan yang signifikan untuk pembelian dan penjualan mata uang Yuan Tiongkok di berbagai tempat pertukaran uang.

Maraknya penyebaran wabah virus corona yang menghebohkan dunia sejak beberapa bulan lalu berdampak terhadap sektor ekonomi salah satunya pertukaran untuk mata uang Yuan Tiongkok. Pada awal tahun 2019 sebelum adanya virus corona, penjualan dan pembelian Yuan Tiongkok sangat tinggi, karena Tiongkok merupakan salah satu negara yang adidaya yang sangat berpengaruh dan banyak dikunjungi masyarakat baik untuk berwisata, sekolah maupun untuk bekerja. Salah seorang direktur tempat pertukuran mata uang atau money changer di kota Padang, Mike Juni Elpisa mengatakan, untuk penjualan dan pembelian mata uang Yuan Tiongkok mengalami penurunan yang signifikan jika dibandingkan dengan awal tahun 2019.

Bahkan selama beberapa minggu terakhir, tidak terjadi penjualan untuk mata uang Yuan. karena tidak adanya masyarakat yang akan bepergian ke Tiongkok. Dan kondisi ini semakin diperparah dengan adanya kebijakan yang menghentikan penerbangan sementara menuju tiongkok sampai pada batas waktu yang belum ditentukan.

Sedangkan untuk pembelian, Mike mengungkapkan hanya terjadi ketika adanya kedatangan turis dari Kunming Tiongkok beberapa waktu lalu ke Sumatera Barat. Mike berharap agar secepatnya penyebaran virus corona dapat dihentikan dan keadaan negara Tiongkok kembali normal sehingga pertukaran uang untuk mata uang Yuan kembali normal. Dan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, petugas money changer diharuskan untuk memakai masker selama memberikan pelayanan kepada pengunjung karena penyebaran virus corona yang dapat dengan mudah menular bahkan melalui udara.

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI BAKRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat