Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Ancaman banjir kedepan masih tinggi di kabupaten Limapuluh kota

Kontributor DaerahBencana Alam 17 Januari 2020 JAM 06:59:59 WIB

BPBD kabupaten Limapuluh Kota  memprediksi ancaman banjir di kabupaten Limapuluh Kota kedepan cukup masih tinggi. Dari 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, 7 diantaranya menjadi daerah yang rawan bencana banjir dan longsor.

Sejumlah titik di kabupaten Limapuluh kota kembali dilanda banjir akibat hujan yang terjadi, beruntung banjir yang terjadi kali tidak mengakibatkan dampak yang parah, meski sejumlah sungai meluap. Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari  mengakibatkan banjir dan longsor. selain merendam lahan pertanian warga, banjir yang terjadi di kabupaten Limapuluh kota itu juga merendam rumah warga dan merusak fasilitas umum.

Kedepan, BPBD memprediksi bencana banjir tetap menjadi ancaman yang cukup besar di daerah itu. selain dipicu oleh hujan deras, banjir juga terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai di daerah itu, dari 13 Kecamatan yang ada di kabupaten Limapuluh kota, 7 diantaranya menjadi daerah yang rawan bencana banjir dan longsor. Kecamatan tersebut diantarannya, Kecamatan Pangkalan, Kecamatan Payakumbuh, Lareh sago Halaban dan Akabiluru.

Dengan potensi hujan yang masih akan mengguyur dalam dua bulan ke depan, potensi banjir masih cukup besar. kabupaten Limapuluh kota akan terkena bencana banjir apabila daerah tersebut dan daerah sekitar diguyur dengan durasi yang cukup lama. BPBD mengimbau masyarakat yang berdomisili di daerah yang rawan banjir untuk selalu waspada terlebih ketika intensitas hujan di daerah tersebut  cukup tinggi.

Wartawan : EDWARD SOFIA YUNUS
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat