Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Harga Kebutuhan Pokok Naik

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 03 Januari 2020 JAM 06:37:44 WIB

Harga sejumlah kebutuhan pokok di awal tahun 2020 mengalami kenaikan.  Naiknya harga sejumlah bahan pokok ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya meningkatnya jumlah permintaan di pasaran. Sejumlah harga kebutuhan pokok di awal tahun 2020 di Pasar Raya Kota Padang mengalami kenaikan. Seperti harga cabai, telur dan beberapa sayur-sayuran. Jika biasanya telur di jual dengan harga 39 ribu kini naik menjadi 46 ribu rupiah per 30 butir. Naiknya harga telur ini disebabkan karena meningkatnya jumlah permintaan telur di luar Provinsi Sumatra Barat.

Salah seorang pedagang telur Herman menyebutkan sebelum naiknya harga telur,  pedagang mampu menjual sebanyak 9000 butir telur perhari. Namun kini untuk menjual 6000 butir telur saja pedagang mengaku mengalami kesulitan. Karena naiknya harga telur, masyarakat kini lebih memilih membeli ikan sebagai ganti telur.

Sama halnya dengan telur, harga cabai juga turun dari biasanya. Kini cabai jawa dijual dengan harga 40 ribu perkilo, yang sebelumnya dijual dengan harga 36 ribu rupiah perkilonya. Naiknya harga cabai ini disebabkan karena semakin banyaknya permintaan pasar akan cabai.

Meskipun harga cabai mengalami kenaikan, namun diakui pedagang omzet mereka tidak ikut turun, karena cabai jawa masih menjadi prioritas pembeli dibanding cabai lokal. Selain itu harga beberapa sayuran juga masih mengalami kenaikan. Seperti harga tomat 9 ribu rupiah perkilo, bawang putih 27 ribu rupiah perkilo, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Pedagang belum dapat memprediksi kapan harga kebutuhan pokok ini akan kembali.

Wartawan : MONA/ RISNALDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat