Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Generasi Mileneal Diminta Sukseskan Pilkada

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 02 Januari 2020 JAM 06:03:17 WIB

Generasi Mileneal Kabupaten Pesisir Selatan diminta aktif berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada 2020. Karna peran serta mileneal memiliki kontribusi besar dalam mengawal kedaulatan pada pemilihan kepala daerah.

Kaum mileneal khususnya di Pesisir Selatan diharapkan untuk tidak apatis pada Pilkada 2020 mendatang. Generasi muda harus melek politik dan cerdas dalam menentukan pilihan pada calon-calon pemimpin yang bakal berkompetisi pada pesta demokrasi daerah nanti.

Reno Fernandes Peneliti Revolt Institute sekaligus Akademisi mengatakan sekitar 35 hingga 40 persen penduduk Indonesia merupakan generasi mileneal. Oleh sebab itu, sudah saatnya generasi muda turun tangan untuk berpatisipasi dalam mengawal Pilkada guna mewujudkan Pilkada yang bersih dan berkualitas. Dikatakan generasi milineal adalah pribumi digital, mereka memiliki media untuk menstranformasikan kepada masyarakat, sebab yang menguasai digital saat ini adalah generasi J dan Z yaitu mileneal.

Melalui media sosial dan sarana lainnya generasi muda mampu membantu jajaran Bawaslu dengan cara terlibat dalam pengawasan partisipatif. Apabila generasi mileneal tidak berpartisipasi, maka bisa saja Pilkada tidak terlaksana dengan demokratis, atau calon-calon pemimpin yang dihasilkan melalui pemilihan nanti tidak menghasilkan kualitas yang baik. Selain itu, kedepan pemahaman generasi muda tentang pengetahuan politik perlu ditingkatkan, sebab generasi muda merupakan estapet bangsa yang suatu saat nanti akan  melanjutkan perjalanan bangsa ini melalui kebijakan-kebijakan yang dilahirkan.   

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat