Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Masyarakat Harus Ikut Menjaga Hutan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 22 September 2019 JAM 06:46:44 WIB

Memiliki kawasan hutan yang masih asri dan luas, masyarakat Sitabu Nagari Rabijonggor, diminta menjaga dan mengawasi dari aksi perusakan dan pembakaran yang menimbulkan bencana. Pemerintah bersama kepolisian, akan tetap melakukan pengawasan, dan tindakan apabila ada oknum yang ingin merusak hutan atau pembakaran.

Meski masyarakat sekitar berprofesi sebagai petani di sekitar kaki bukit, mereka masih tetap menjaga ekosistim hutan dan tidak melakukan pembukaan lahan dangan cara yang beresiko terhadap kebakaran lahan dan hutan. Hal itu ditunjunkan dengan belum pernah terjadinya kebakaran lahan atau hutan di daerah itu.

Bupati Pasaman Barat Yulianto saat berkunjung ke Jorong Sitabu, sebagai kawasan permukiman paling dekat dengan hutan dan Jalur Bukit Barisan, meminta tokoh masyarakat, pemuda dan petani ikut serta mengawasi hutan, agar tidak terjadi kerusakan atau kebakaran seperti di provinsi tetangga. Sementara itu pemerintah bersama pihak terkait akan terus melakukan pengawasan lebih, agar Pasaman Barat terbebas dari titik api, atau terjadinya kebakaran lahan, mengingat kondisi cuaca kamarau di Pasaman Barat sudah terjadi sejak beberapa minggu belakangan ini.

Disisi lain, masyarakat juga diminta waspada terhadap bencana longsor atau air bah. Masyarakat juga diharapkan bisa bijak memanfaatkan hutan dan menghindari aksi ilegal logging. Bupati mengaku, sudah mengeluarkan himbauan waspada kabut asap kepada masyarakat, dan langkah pencegahan melalui dinas terkait. Karena sebagai daerah memiliki kawasan gambut, hutan dan pegunungan, Pasaman Barat, menjadi daerah rawan akan terjadi kebakaran khutla.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat