Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Permintaan Darah Di PMI Pasaman Barat Meningkat

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 21 September 2019 JAM 06:58:03 WIB

Jumlah permintaan darah di PMI Kabupaten Pasaman Barat sejak dua bulan terakhir terus meningkat. Selain donor darah masal, dan donor darah dari keluarga pasien di UTD,  PMI Pasaman Barat, juga berupaya meminta bantuan relawan donor darah On Call yang ada. PMI Kabupaten Pasaman Barat, mencatat permintaan darah di wilayah kerja mereka terus mengalami peningkatan setiap bulan. Dua bulan terakhir, setiap hari UTD PMI dan markas PMI terus didatangi keluarga pasien untuk mencari pendonor.

Jika dirata-ratakan, permintaan darah setiap bulan mencapai tiga ratus hingga tiga ratus lima puluh kantong, jumlah itu tidak semuanya berhasil dipenuhi dengan ketersedian stok di UTD, dan aksi donor darah massal yang di gelar oleh PMI. Selama ini, pemenuhan permintaan darah dilakukan dengan cara donor darah On Call. Bahkan selama dua bulan terakhir, permintaan donor darah On Call cenderung meningkat, dengan kisaran tiga puluh orang perbulan bahkan lebih. Kepala markas PMI Pasaman Barat Ridawarsa mengatakan, kendala utama kekurangan stok darah di UTD, masih minimnya jumlah pendonor.

Bahkan saat menggelar donor darah masal, petugas hanya mendapatkan beberapa kantong, dan kegiatan tersebut juga tidak berlangsung setiap harinya. PMI meminta, masyarakat dan pendonor bisa lebih aktif. Sehingga kebutuhan darah bisa terpenuhi. Selama stok darah hasil donor massal tidak bertahan lama, karena permintan darah di dua rumah sakit dan sejumlah rumah sakit bersalin terus bertambah. Kedepan PMI meminta, seluruh elemen bisa saling membantu, untuk pemenuhan kebutuhan darah ini. Salah satunya donor darah massal, atau aktif sebagai peserta donor darah On Call. PMI bersama relawan terus berupaya menambah jejaring dan pendonor agar bisa membantu pasien membutuhkan.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB