Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Prosesi Tabuik Naiak Pangkek

Kontributor DaerahSeni Budaya 17 September 2019 JAM 06:01:23 WIB

Prosesi puncak Oyak Tabuik dimulai, diawali dengan prosesi Tabuik Naiak Pangkek, Kubu Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang, melaksanakan prosesi kelima yakni Tabuik Naiak Pangkek. Prosesi Tabuik Naiak Pangkek tersebut diyakini sebagai simbol Roh Husein diterbangkan ke langit oleh malaikat dengan buraq, setelah kepala dan jasadnya dicincang oleh Raja Yazid dalam peperangan Karbala.

 

Ribuan masyarakat Pariaman, minggu pagi, memadati kawasan simpang Tabuik dan lapangan merdeka kota Pariaman. mereka datang untuk menyaksikan prosesi Tabuik Naiak Pangkek, yang dilakukan oleh Kubu Tabuik Pasa dan Kubu Tabuik Subarang.Terlihat kedua kelompok Tabuik ini, sejak pagi mulai melakukan prosesi Tabuik Naik Pangkek setelah dilakukan arakan-arakan dengan membawa rangkaian bagian-bagian Tabuik dari rumah Tabuik Subarang dan rumah Tabuik Pasa untuk disatuhkan atau disebut dengan Tabuik Naiak Pangkek.

 

Prosesi Tabuik Naik Pangkek ini, merupakan ritual Tabuik yang kelima, prosesi Tabuik Naik Pangkek di laksanakan usai shalat subuh oleh kelompok Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang.

Tabuik Naik Pangkek tersebut merupakan, pengabungan atau merangkai bagian-bagian Tabuik hingga menjadi untuh, seperti bagian Buroq, bagian atas Tabuik, ekor dan sayap tabuik.Bagi masyarakat Pariaman, prosesi Tabuik Naik Pangkek tersebut diyakini sebagai simbol dimana Roh Hosen diterbangkan ke langit oleh malaikat dengan Buroq, setelah kepala dan jasadnya dicincang oleh Raja Yazid dalam peperangan karbala di Irak.

 

Prosesi Tabuik Naik Pangkek dilaksanakan didua lokasi berbeda, untuk Tabuik Pasa di laksanakan di lapangan merdeka pasar Pariaman, sementara untuk Tabuik Subarang prosesi Tabuik Naik Pangkek di laksanakan, di Simpang Tugu Tabuik, jalan Kampung Cino,

Usai Tabuik Naik Pangkek, kedua Tabuik akan dioyak bersama-sama kemudian diarak menujuh lokasi panggung utama dikawasan objek wisata Pantai Gandoriah, untuk dibuang kelaut.

 

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA BENCANA DAN KAMPANYE HITAM SAAT PEMILU

30 November 2023 JAM 06:00:00 WIB

SEKDA IMBAU ASN JAGA PROFESIONALISME DAN NETRALITAS

30 November 2023 JAM 06:00:00 WIB

RESEDIVIS PELAKU KUPAK RUMAH DITANGKAP POLISI

30 November 2023 JAM 06:00:00 WIB