Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Mahasiswa UIN Imam Bonjol Tuntut Transparansi Anggaran UIN

TVRI Sumatera BaratPendidikan 11 September 2019 JAM 06:04:50 WIB

Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang menggelar aksi demontrasi di kampus UIN Imam Bonjol, yang terletak di Jalan Muhammad Yunus, Lubuk Lintah, Kuranji, Kota Padang.

Ratusan mahasiswa ini menuntut Rektor dan Wakil Rektor untuk transparan dalam pengelolaan anggaran UIN selama empat tahun terakhir. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kampus atau GMPK menggelar aksi damai di depan gedung Rektorat  kampus dua UIN Imam Bonjol Padang. Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadp kebijakan kampus, terkait transparansi keuangan serta fasilitas yang tidak memadai.

Selain itu, ratusan mahasiswa juga melakukan protes mahalnya UKT atau Uang Kuliah Tunggal serta sejumlah pungutan, seperti pembayaran perpustakan, uang pembekalan yang dilakukan pihak kampus, namun pungutan tersebut tidak sebanding dengan fasilitas yang ada kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Koordinator aksi M Jalali menjelaskan, fasilitas kampus, seperti ruangan perkuliahan, bangku, toilet serta sejumlah fasilitas lainnya banyak yang rusak, namun tetap dibiarkan  untuk proses perkuliahan.

Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Doctor Eka Putra Wirman, menanggapai sejumlah tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa, bahwa pihaknya siap memberikan penjelaskan terkait transparansi penggunaan keuangan kampus. Selain penggunaan anggaran, fasilitas kampus juga telah diperbaharui sesuai kebutuhan dan anggaran yang ada. Koordinator aksi menambahkan, pihaknya akan terus melakukan aksi demo, jika pihak Rektorat tidak mengabulkan tuntutan aksi.

Wartawan : TUA SAMAN S
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat