Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Festival Silek Arts 2019

TVRI Sumatera BaratSeni Budaya 21 Agustus 2019 JAM 06:08:51 WIB

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar Silek Arts Festival 2019. Silek Arts Festival 2019 kali ini dilaksanakan selama 10 hari dengan 5 lokasi penyelenggaran yaitu Kota Padang, Kota solok, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Agam.

Silek Arts Festival 2019 kembali digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Silek Arts Festival merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Sumatera Barat yang didukung oleh Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI dengan Program Indonesiana. Gubernur Sumatera Barat menyatakan Silek Arts Festival ini adalah upaya pemerintah dalam melestarikan kebudayaan minangkabau dan memotivasi generasi muda untuk berlatih. Irwan Prayitno menyatakan ada dua budaya minang yang tidak terpublikasi dunia yaitu kuliner dan silek,oleh karena itu Silekk Arts Festival ini merupakan salah satu upaya untuk mempublikasikannya.

Gubernur sumatera barat juga menyatakan Silek Minang pada awal desember nanti akan diputuskan UNESCO masuk dalam warisan budaya dunia yang akan ditetapkan Di Columbia .Sementara itu Sri Hartini Sekretaris Dirjen Kemendikbud RI menyatakan Silek Arts Festival ini adalah salah satu Program Indonesiana dalam mengembangkan budaya dan berkreasi. Program Indonesiana merupakan sebuah inisiatif baru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pengembangan struktur hubungan terpola antar penyelenggara kegiatan Kebudayaan Di Indonesia yang dibangun secara gotong royong.

Dinas Kebudayaan Sumatera Barat menyatakan dalam Silek Arts Festival 2019 kali ini panitia mengangkat tema Sapakaik Mangko Balega dengan makna sepakat bergotong royong untuk bisa berkreasi  melalui budaya silek. Dengan dilaksanakn Silek Arts Festival 2019 ini diharapkan tradisi silek di Sumatera Barat bisa terjaga dan dikembangkan oleh masyarakat.

Wartawan : ATFRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat