Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

BPBD Aktifkan Desa Tangguh Bencana

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 06 Agustus 2019 JAM 06:31:24 WIB

Pasca  gempa berpotensi tsunami di Provinsi Banten Jumat 2 Agustus lalu  BPBD  Sumbar aktifkan  desa  siaga bencana. Pengaktifan desa siaga bencana ini karna 7 kabupaten kota  di Sumatera Barat juga rawan gempa dan tsunami.

Tujuh kabupaten kota  yang berada di wilayah Sumatera Barat rawan  bencana  gempa dan tsunami. Kabupaten kota tersebut yaitu   Kabupaten Pesisir Selatan , Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten  Agam dan Kabupaten Pasaman Barat. Untuk itu meningkatkan kewaspadaan masyarakat  BPBD  akan aktifkan  desa tangguh bencana.

Diharapkan masyarakat yang berada didesa tangguh bencana ini dapat berperan aktif dan siap siaga dalam menghadapi bencana maupun potensi bencana, kegiatan ini nantinya akan difasilitasi oleh BPBD Sumatera Barat. Secara konsep  desa tangguh bencana  ini sudah terbentuk   tahun 2013 lalu dan sebanyak 20 desa telah menjadi desa tangguh bencana.

Tahun 2019 ini  BPBD Sumatera Barat akan membentuk 4 desa tangguh bencana  yakni dua desa di Pariaman  dan dua desa lainnya di Solok Selatan. Kedepan diharapkan seluruh desa  di Sumatera Barat dapat menjadi desa tangguh bencana.

Wartawan : AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat