Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Kopi Kawa Daun Khas Tabek Patah

Kontributor DaerahKuliner 02 Agustus 2019 JAM 10:32:19 WIB

Kopi kawa daun merupakan minuman khas asal Tabek Patah, Kecamatan Salimpauang, Tanah Datar. Untuk bisa mencicipi kawa daun, petani kopi kawa daun harus melalui beberapa proses.

Minuman kopi kawa daun sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Barat, terutama warga Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.  Minuman kopi kawa daun adalah salah satu minuman tradisional yang masih dilestarikan di Kabupaten Tanah Datar, bahkan minuman ini semakin populer semenjak 10 tahun belakangan.

Salfanizar salah seorang petani kopi mengungkapkan, pengolahan kopi kawa daun masih diproses secara tradisional. daun kopi yang dijadikan kawa daun bukanlah sembarang daun kopi, melainkan daun  tunas air atau daun kopi yang baru tumbuh dengan kualitas daun yang bagus tapi tidak lagi berbuah. Setelah daun terkumpul, proses sanggrai atau  pengasapan pun mulai dilakukan di atas tungku.

Pengasapan dilakukan hingga daun kopi tersebut dipastikan benar benar kering. Proses terakhir adalah penguraian dimana daun kopi yang sudah selesai disangrai kemudian dipisahkan dari dahannya. Selain menyajikan kopi kawa daun secara tradisional, sebagian petani kopi kawa daun di Tabek Patah kini juga tengah mengembangkan bubuk kopi kawa daun dalam kemasan set. Hal ini dilakukan agar penikmat kopi kawa daun dapat merasakan cita rasa kopi walau tanpa harus datang ke Tabek Patah.

Wartawan : ERIK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat