Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Wisata Sejarah Di Pantai Padang

TVRI Sumatera BaratPariwisata 15 Juli 2019 JAM 06:10:33 WIB

Salah satu dari fungsi objek wisata yakni sebagai media edukasi bagi setiap pengunjungnya.Seperti keberadaan tank baja ANH -13 APC yang merupakan salah satu wisata sejarah yang dapat ditemui di Pantai Padang. Berwisata saat ini bukan hanya untuk hiburan semata, namun manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mendapatkan ilmu pengetahun. Saat ini wisata sejarah tersebut dapat dijumpai di sekitar objek Wisata Pantai Padang.

Selain menawarkan pemandangan pantai yang mempesona, Pantai Padang juga memiliki tank baja ANH-13 APC yakni alat yang dulunya dipergunakan untuk kendaraan tempur lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Selain bentuknya yang unik, banyak pengetahuan yang dapat diperoleh pengunjung mengenai sejarah dari tank baja ini. Seperti fungsi, bentuk badan, dan beberapa daerah yang menjadi tempat pengoperasiannya.

Tank baja yang berasal dari Perancis ini, memiliki berat 13 ton, dengan panjang 4.48 m, lebar 2.67 m. selain itu tank ini juga memiliki kemampuan menanjak sebesar 31 derjat, melangkah parit sejauh 1.6 meter,  mengayuh sepanjang 0.6 meter. sTank baja ANH-13 APC ini juga telah beroperasi di beberapa wilayah. Seperti Operasi Trikora di Papua pada tahun 1962, Seroja di Timtim tahun 1976, dan militer Aceh tahun 2001 hingga 2003.

Namun beberapa perbaikan juga diharapakan pengunjung, seperti pengecatan ulang badan tank baja ANH- 13 APC ini, penambahan hiasan di sekitar tank baja ini juga dirasa perlu oleh pengunjung. Setiap hari libur, wisata sejarah ini cukup banyak dikunjungi. salah satu alasan orang tua yakni untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, dan letaknya yang strategis untuk objek swafoto.

 

 

Wartawan : MONA/ ATVRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat