Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pasaman Barat Waspadai Cuaca Ekstrim

Kontributor DaerahIklim 21 Juni 2019 JAM 06:36:20 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat,  meminta masyarakat waspada cuaca ekstrim dan ancaman bencana. BPBD mengaku berdasarkan prakiraan BMKG selama beberapa hari ke depan cuaca di Pasaman akan sering berubah, sehingga rawan terjadi longsor atau bencana lainnya.

Menyikapi prakiraan cuaca ekstrim dari BMKG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat, meminta masyarakat tetap waspada dari ancaman bencana dan gelombang laut. BPBD mengaku, beberapa hari ke depan, wilayah Pasaman Barat, akan turun  dan gelombang laut tidak menentu, sehingga nelayan dan masyarakat bermukim di sekitar laut harus meningkatkan kewaspadaan. Sementara itu, khusus untuk daerah perbukitan, pengendara dan masyarakat harus memperhatikan kondisi jalan dan tebing, karena saat ini terdapat sejumlah titik yang sangat rawan lonsor serta banjir.                         

Kalatas BPBD Pasaman Barat mengaku, ancaman longsor dan banjir terjadi di sejumlah kecamatan. Meski belum mengkhawatirkan, namun perlu kewaspadaan bersama.  Khusus untuk daerah aliran sungai, saat ini terdapat beberapa titik permukiman yang rawan masuk sungai. Seperti di daerah Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh, puluhan rumah masyarakat terancam masuk ke aliran Sungai Batang Kenaikan, akibat erosi bagian tebing. BPBD mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena kewenangan sungai berada di balai wilayah sungai. Langkah pencegahan BPBD hanya mengajak masyarakat lebih waspada saat volume air meningkat.

Sebagai daerah market bencana, pemerintah meminta masyarakat bisa menjaga diri, mulai dari ancaman gempa, tsunami, banjir, dan longsor. Masyarakat harus memperhatikan gejala alam, sebagai petunjuk untuk evakuasi mandiri, disamping sarana dan penunjuk arah yang disediakan pemerintah.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat