Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Warga Harapkan Normalisasi Sungai

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 14 Juni 2019 JAM 06:00:18 WIB

Masyarakat korban banjir di Kecamatan Sungai Geringging dan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, harapkan normalisasi sungai di daerah mereka. Saat ini sungai-sungai yang ada di daerah itu sudah dangkal, sehingga saat musim penghujan, air sungai dengan mudah meluap dan merendam rumah-rumah warga.

Beginilah kondisi sungai yang terdapat di Kecamatan Sungai Geringging dan Sungai Limau, saat ini kondisinya sudah melebar dan dangkal, bahkan banyak tebing di sepanjang bantaran sungai yang terkena abrasi. Kondisi tersebut terjadi akibat banjir yang sering melanda daerah tersebut. Jika musim penghujan datang, air sungai dengan mudah meluap dan merendam pemukiman warga. Masyarakat mengaku jika kondisi tersebut terus dibiarkan, akan berdampak buruk pada pemukiman dan keselamatan warga yang daerah mereka sering direndam banjir.

Warga berharap, pemerintah segera melakukan normalisasi sungai, sehingga air sungai bisa mengalir cepat ke muara. Sementara itu Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni akan mengupayakan sesegera mungkin melakukan penanganan bencana banjir yang sering melanda Sungai Limau dan Sungai Geringging, dengan melakukan normalisasi sungai, agar banjir tidak lagi merendam rumah masyarakat. Dalam waktu dekat pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan langsung menemui pihak provinsi termasuk pusat, untuk meminta bantuan. Masyarakat diminta untuk sabar dan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Pada Selasa sore, sungai yang ada di dua wilayah tersebut, mengamuk dan menerjang belasan rumah penduduk di Sungai Geringging dan ratusan kios, perkantoran dan rumah ibadah di Sungai Limau. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah, karena banyak perabotan dan barang dagangan milik masyarakat yang rusak.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat