Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Bunga Hantaran Untuk Mertua

TVRI Sumatera BaratSerba serbi Ramadhan 06 Mei 2019 JAM 06:00:00 WIB

Salah satu keunikan yang kini masih ada di Sumatera Barat yaitu tradisi manjalang mintuo. Saat manjalang mintuo menantu perempuan juga akan memberikan bunga kepada ibu mertua sebagai tanda terimakasih karena telah diterima sebagai menantu. Ada beberapa jenis bunga yang dicari masyarakat Sumatera Barat menjelang ramadhan. Selain bunga rampai untuk ziarah kubur, dan bunga untuk balimau, bunga hantaran untuk mertua juga menjadi incaran sejumlah menantu perempuan.

Tradisi manjalang mintuo atau menemui mertua di Sumatera Barat sudah menjadi tradisi yang tidak asing lagi. Terlebih bagi pengantin baru, tradisi manjalang mintuo selalu dilakukan, tidak saja menjelang puasa, tetapi juga saat lebaran idul fitri. Manjalang mintuo ini diberlakukan sebagian besar oleh menantu perempuan ke mertuanya atau ke orangtua laki-laki.

Saat manjalang mintuo biasanya menantu perempuan akan membawa beberapa bawaan, salah satunya bunga untuk mertua. Bunga ini terdiri dari beberapa jenis yang dikumpul seperti bunga mawar dan bunga melati, dihias menjadi bunga yang terlihat cantik. Bunga hantaran untuk mertua ini dimaknai sebagai sebuah penghargaan kepada mertua karena telah memberikan restu dan menerima kehadiran sang menantu sebagai bagian dari keluarga besar.

Wartawan : HARMALIA CAHYANI/ JONI BAKRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB