Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

UNBK Menggunakan Laptop

Kontributor DaerahPendidikan 23 April 2019 JAM 06:17:32 WIB

Akibat keterbatasan sarana, sebanyak empat ratus tiga puluh enam siswa MTsN Simpang Empat, bersama delapan sekolah Swasta lainnya melaksanakan UNBK menggunakan laptop. Hingga tahun ketiga UNBK ini, sekolah mengaku masih menggunakan laptop, karena belum adanya bantuan komputer yang memadai di sekolah mereka. Sejak tiga tahun belakangan, pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer, atau UNBK di MTs Negeri empat Pasaman Barat, selalu menggunakan laptop. Minimnya sarana dan belum adanya bantuan, memaksa sekolah dan Komite bekerjasama meminjam laptop.

Tahun ini sebanyak tiga ratus tiga puluh satu siswa MTs Empat Pasaman Barat, bersama delapan sekolah Swasta lainnya, melaksanakan UNBK secara bersama-sama. Guna mengoptimalkan sarana, sekolah penyelenggara membagi siswa dalam tiga sesi. Kepala sekolah MTs Negeri Empat Pasaman Barat Syamsul Bayan mengatakan, pelaksanaan UNBK di MTsN Simpang  Empat diikut empat ratus tujuh puluh enam siswa, dari delapan sekolah Swasta dan sekolah Induk KKM. Seluruh sarana yang mereka gunakan adalah laptop, yang dipinjam dari siswa, dan Majelis Guru.

Sekolah mengaku kondisi laptop mereka pinjam siap pakai dan memadai digunakan untuk UNBK. Sekolah mengaku mempersipakan sekitar seratus delapan puluh lima unit laptop, untuk seluruh peserta ujian, dan sejumlah komputer utama dan server di enam ruangan. Sebelum UNBK dimulai, sekolah sudah mempersiapkan peserta dengan cara melaksanakan simulasi dan belajar sore, sejak akhir tahun lalu. Besar harapan, empat mata pelajaran yang diujikan bisa dijawab dengan baik. Sekolah berharap selama Ujian berlangsung hingga empat hari kedepan mereka tidak menemukan kendala yang berarti. Termasuk pemadaman listrik dan gangguan jaringan internet dan server. Sebagai langkah antisipasi sekolah juga menyiagakan sejumlah teknisi dan proctor, menjamin UNBK bisa berjalan lancar.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB