Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

KOMINFO Awasi Media Mainstream Jelang Pemilu

TVRI Sumatera BaratInformasi dan Teknologi 22 Januari 2019 JAM 06:23:06 WIB

Menjelang pelaksanaan Pemilu April mendatang, Dinas Kominfo Sumbar saat ini tengah melakukan pengawasan dan kontrol terhadap informasi yang disampaikan oleh Media Mainstream baik Media Elektronik, cetak ataupun Media Sosial.   Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2019, Dinas Kominfo Sumbar meminta Media Mainstream baik Elektronik, cetak serta Media Online di Sumbar memiliki kredibilitas dalam menyajikan informasi yang berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan.

Saat ini Dinas Kominfo bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu melakukan pengawasan dan kontrol terhadap sejumlah Media Mainstream yang ada Sumbar. Hal ini mengingat perdebatan di Media Sosial jauh lebih panas dibandingkan debat pertama pemilu pertama yang digelar pada 17 Januari lalu. Hendaknya media mengedepankan Kode Etik Jurnalistik dan penyiaran agar Pemilu berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil termasuk tidak memberitakan isu-isu sensitif yang dapat memicu kerawanan dan konflik di masyarakat Sumbar.

Upaya pengawasan ini juga melibatkan sejumlah Komunitas Pemuda yang ada di Sumbar agar dapat menjadi corong penyaluran informasi yang benar di masyarakat.

Terlebih Media Online dan Media Sosial dimanfaatkan untuk mengumbar informasi yang sifatnya negative, yang selalu melakukan agitasi, menyebarkan hoax.

Wartawan : DELIMA FEBRIA/ATVRIANDI
Editor : Humas TVRI Sumatera Barat


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat