Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Cuaca Ekstrem Masih Melanda Pasaman Barat

Kontributor DaerahBencana Alam 17 Oktober 2018 JAM 06:05:41 WIB

Puluhan personil gabungan dan instansi terkait di Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat masih standbay di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir Dan Longsor Kabupaten Pasaman Barat. Personil tim reaksi cepat dan relawan terus bersiaga mengingat kondisi  cuaca yang masih ekstrem. Hingga kini  sekitar empat titik di empat nagari masih direndam banjir dengan ketinggian bervariasi. Sehingga masyarakat di lokasi masih membutuhkan bantuan dan pemantauan lebih lanjut.

Masyarakat khawatir akan terjadi banjir susulan karena permukiman mereka dekat dengan muara sungai. Dari empat belas ribu masyarakat Pasaman Barat yang mengungsi, sebagian besar dari mereka sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun masih terdapat sekitar 500 jiwa lagi yang bertahan di pengungsian dan tersebar di empat daerah yakni Nagari Sikilang, Tombang, Koto Sawah, dan Sikabau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat Andrinaldi mengatakan sekarang pihaknya tengah berupaya melakukan pemberian bantuan ke daerah yang terisolir dan masih terdampak banjir. Sulitnya akses dan minimnya peralatan dan kendaraan menjadi kendala pemerintah mendistribusikan bantuan. Meski demikian tim gabungan akan tetap berupaya mendrop bantuan ke daerah terisolir tersebut.

Meski harus menggunakan perahu atau kapal sebab saat ini masyarakat sangat membutuhkan air bersih sembako dan peralatan dapur dan pakaian. Berdasarkan data dari BPBD Pasaman Barat saat ini juga terdapat empat jembatan gantung yang rusak parah akibat banjir dan puluhan kerusakan rumah. Di sisi lain masyarakat juga kesulitan mendapatkan air bersih terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai atau daerah muara sungai.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat