Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Musim Penghujan, Pengusaha Ikan Asin Di Pasar Baru Merugi

Kontributor DaerahEkonomi 15 Oktober 2018 JAM 06:55:45 WIB

Belasan mengusaha ikan asinan yang terdapat di kawasan Pasir Baru Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman ini mengaku merugi sejak terjadinya musim penghujan melanda daerah tersebut. Meruginya pegusaha ikan asinan tersebut lantaran ikan asinan milik mereka tak kunjung kering, akibatnya kualitas ikan menjadi menurun, bahkan banyak ikan yang membusuk dan berulat karena penjemuran tidak sempurna.

Biasanya untuk penjemuran ikan asinan jenis teri saja tidak sampai menghabiskan waktu sehari. Namun untuk penjemuran sekarang, ikan baru bisa kering setelah lima hari penjemuran, sehingga mengakibatkan kualitas ikan menjadi menurun dan berimbas terhadap harga.

Pengusaha ikan asinan ini hanya bisa pasrah karena tidak ada cara lain untuk mengantisipasi kondisi tersebut dan hanya bisa berharap cuaca secepatnya membaik. Sementara ikan yang sudah membusuk dan berulat, hanya bisa dijadikan untuk pakan ayam dan harganya pun jauh menurun.  Padahal saat ini harga ikan asinan cukup tinggi bahkan banyak permintaan yang datang dari sejumlah daerah hanya saja ikannya yang tidak ada. Tidak hanya untuk penjemuran, pengusaha ikan asinan ini juga kesulitan untuk mendapatkan pasokan ikan untuk diolah, para nelayan banyak yang tidak melaut karena cuaca yang tidak kondusif.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat