Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Masyarakat Antusias untuk Donorkan Darah

Kontributor DaerahSosial 13 September 2018 JAM 06:41:13 WIB

Aksi sosial dan peduli sesama, masyarakat Nagari Pujorahayu Kecamatan Luhak Nan Duo patut ditiru. Puluhan masyarakat dari berbagai kalangan mengantri untuk mendonorkan darah mereka. Donor darah itu mereka lakukan seiring dengan gerak jalan sehat menyambut satu Muharam atau tahun baru Islam. Para pendonor berharap darah yang mereka berikan bisa membantu sesama dan memenuhi stok darah di UTD PMI Pasaman Barat. Selain donor darah, masyarakat juga mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dari sejumlah petugas medis PMI dan Dinas Kesehatan Pasaman Barat.

Salah seorang pendonor Sri Wahyuni mengaku bangga bisa membantu sesama dengan donor darah dan aksi sosial. Masyarakat menyadari saat ini kebutuhan darah di Pasaman Barat masih belum terpenuhi dan masih butuh banyak relawan dan pendonor. Sementara itu Kepala UTD PMI Pasaman Barat  Buddi Sujono mengakui kebutuhan darah di Pasaman Barat berkisar 150 kantong  per minggu atau 600 kantong per bulan. Sementara stok yang tersedia tidak mencukupi sehingga saat keadaan darurat masyarakat harus mencari pendonor dari luar.

PMI Pasaman Barat sangat mengapresiasi pendonor dari Kecamatan Luhak Nan Duo. Petugas memprediksi jumlah darah yang terkumpul hari ini bisa mencapai 100 kantong. Meski demikian petugas tidak membatasi jumlah pendonor karena tenaga medis dan stok kantong masih mencukupi. Besar harapan kegiatan serupa bisa berlajut di daerah lain.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat