Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Disperindag Sumbar Pastikan Harga Sembako Stabil Hingga Lebaran

TVRI Sumatera BaratEkonomi 05 Juni 2018 JAM 06:14:14 WIB

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Sumatera Barat hingga saat ini masih stabil. Pantauan yang dilakukan Disperindag Sumbar stabilnya harga sembako diperkirakan  akan berlangsung hingga lebaran nanti. Memasuki minggu ketiga ramadhan 1439 Hijriah, harga sejumlah kebutuhan pokok di Sumatera Barat masih terpantau stabil. Dari hasil pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat, hingga saat ini belum ada lonjakan harga yang cukup berarti untuk harga sembako yang dijual dipasaran. Justru harga sejumlah kebutuhan pokok ini cenderung menurun jika dibandingkan pada minggu pertama ramadhan.

Saat ini harga cabai merah asal Medan dan Jawa dijual mulai dari 16 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah perkilogram. Begitu juga dengan cabai merah lokal atau cabai merah asal Bukittinggi dijual dengan harga 20 ribu rupiah satu kilogram. Cabai rawit hijau saat ini masih dijual kisaran 30 hingga 31 ribu rupiah perkilogram. Harga bawang merah lokal saat ini berkisar 24 ribu rupiah hingga 26 ribu rupiah perkilogram.

Sedangkan harga bawang putih megalami penurunan secara bertahap dari 30 ribu rupiah kini dijual kisraan harga 19 ribu hingga 20 ribu rupiah satu kilogramnya. Sementara untuk harga telur ayam ras satu ektre nya justru mengalami penurunan dari minggu lalu, yakni turun dari kisaran 45 ribu rupiah menjadi 40 ribu rupiah hingga 39 ribu rupiah. Gula pasir saat ini masih dijual 12 ribu rupiah perkilogram. Minyak goreng curah saat ini masih berada diharga 11 ribu rupiah, sedangkan minyak goreng kemasan rata-rata dijual 11 ribu rupiah perliternya. Selain itu harga tepung terigu saat ini juga terpantau masih stabil yaitu 9 ribu rupiah satu kilogram, dan kacang tanah dijual kisaran harga 20 ribu hingga 22 ribu rupiah perkilogram tergantung jenis dan kualitas kacangnya.

Sementara untuk harga beras dari hasil pantauan Disperindag Sumbar juga masih stabil. Beras IR 42 saat ini masih dijual 12 ribu rupiah stau kilogram, dan beras jenis anak daro dijual 13 ribu rupiah per kilogramnya. Begitu juga dengan harga daing sapi juga terpantau stabil yakni 120 ribu rupiah satu kilogram. Untuk itu Disperindag Sumbar mengatakan, harga kebutuhan pokok di Sumatera Barat dapat dipastikan stabil hingga lebaran mendatang.

 

Wartawan : HARMALIA/ AGUSRI
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat