Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Warga Koto Tuo minta pihak UNAND perbaiki drainase

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 22 Februari 2018 JAM 06:05:03 WIB

Pasca longsor dan banjir warga Koto Tuo Kelurahan Kapalo Koto Kecamatan Pauh Kota Padang meminta pimpinan Universitas Andalas untuk melakukan peninjauan ke kawasan mereka. Warga menilai longsor dan banjir yang terjadi akibat air bah dari saluran drainase Kampus UNAND yang sudah tidak bisa menampung debit air.

Pasca longsor dan banjir yang terjadi Senin lalu masyarakat di Kawasan Koto Tuo Kelurahan Batu Busuak Kecamatan Pauh Kota Padang masih bergotong royong memperbaiki dan membersihkan bangunan yang rusak. Tidak hanya warga sekitar relawan dari mahasiswa Universitas Andalas juga ikut serta melakukan pembersihan.

Menurut warga Koto Tuo longsor yang terjadi pada Senin sore disebabkan oleh air bah dari saluran drainase limbah Kampus Universitas Andalas. Saluran drainase untuk membuang air limbah ke sungai sudah tidak mampu menampung debit air sehingga menyebabkan air melimpah ke pemukiman warga dan menimbulkan longsor dan banjir.

Saluran drainase ini dinilai sudah harus diperbaharui dan diperbaiki mengingat sebelumnya, kejadian serupa kerap terjadi namun tidak separah beberapa hari lalu. Selain meminta pihak Universitas Andalas untuk melakukan peninjauan ke kawasan ini warga juga berharap pihak kampus dapat melakukan pelebaran saluran atau pun memperbaikinya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Hal ini juga  mengingat Koto Tuo masih merupakan wilayah binaan dari Kampus UNAND. Hingga hari ini warga masih waspada dengan kondisi cuaca yang tidak bisa diduga, mengingat cuaca ekstrim masih kerap terjadi di wilayah ini.

 

Wartawan : Sherly/ Atfriandi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat