Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

83 Hektar Sawah Fuso

TVRI Sumatera BaratPertanian 12 Oktober 2017 JAM 06:35:55 WIB

Hama Wereng yang menyerang ribuan hektar lahan sawah di Kota Padang sejak pertengahan tahun 2017/ menyebabkan 83 hektar tanaman padi miliki petani mengalami gagal panen atau Fuso. Hal ini menyebabkan petani merugi hingga jutaan rupiah. Meluasnya penyebaran hama wereng sejak pertengah tahun ini menyebabkan 83 hektar sawah di Kota Padang mengalami gagal panen atau fuso. Menyebarnya Hama wereng tersebut diduga karena pertumbuhan padi varietas PB 42 yang rentan dan menjadi Sumbar makanan hama wereng di kawasan ini.

Area yang terkena hama wereng terparah berada di Kecamatan Pauh dan Kuranji, sementara itu kawasan yang dinilai masih dpat ditanggulangi yaitu Koto Tangah dan Bungus. Menindak lanjuti dampak hama wereng yang terjadi hampir diseluruh Kecamatan dikota Padang, Dinas Pertanian Padang telah melakukan beberapa langkah untuk menanggulangi dampak dari ke gagalan panen padi para petani tersebut. Seperti secara berangsur mengganti seluruh varietas PB 42 dengan varietas Batang Piaman, hal ini untuk menekan perkembangan hama wereng, karna jika varietas lain tetap ditanam dan berdampingan dengan varietas PB 42 hama wereng akan menyebar ke varietas tersebut.

Untuk itu varietas PB 42 akan berangsur di ganti secara keseluruhan dengan varietas lainnya. Hingga saat ini dinas pertanian Kota Padang telah memberikan bantuan benih bersubsidi 2000 hektar dan bantuan benih gratis 1000 hektar, yang dibagikan secara merata keseluruh kecamatan di kota padang. Saat ini luas sawah di kota padang mencapai 6418 hektar, dengan jumlah kelompok tani yang terdaftar 376 kelompok tani. Para petani di edukasi untuk memantau penyebaran hama wereng lebih awal, karna jika lebih cepat diketahui pengendalian hama wereng tersebut dapat lebih mudah dilakukan.

 

Wartawan : Sherly/ Nurul Qalbi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat