Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Tiga Anak Kurang Mampu, Memiliki Penyakit Kelainan Mendapatkan Bantuan dari Baznas Pasbar

Kontributor DaerahKesehatan 12 Oktober 2017 JAM 06:05:23 WIB

Tiga anak dari keluarga kurang mampu, yang mengidap penyakit kelainan mendapatkan bantuan dari Badan Amil Zakat Pasaman Barat. Selain bantuan dana tunai, pemerintah daerah berjanji akan membantu agar ketiga akan tersebut mendapatkan pengobatan medis yang layak.

Setelah Pasaman Barat dihebohkan dengan banyaknya temuan penyakit kelainan yang menimpa sejumlah anak-anak, mendapat perhatian dan tanggapan dari pemerintah setempat. Salah satunya adalah dari Badan Amil Zakat Kabupaten Pasaman Barat. Beberapa waktu lalu, tim dari BAZDA Kabupaten Pasaman Barat mendatangi tiga orang anak dari keluarga kurang mampu yang menderita penyakit kelainan, seperti pembemkakkan pada tangan, tulang terlihat patah patah dan bayi perempuan tanpa lubang vagina. Setelah dilakukan survei ternyata ketiga anak tersebut berasal dari keluarga miskin, dan hanya melakukan pengobatan seadanya, dengan alasan tidak ada biaya. Bahkan sebelumnya sejumlah masyarakat belum memiliki kartu BPJS.

Ketua PKK Kabupaten Pasaman Barat Yunisra yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengaku sangat prihatin dan meminta Puskesmas dan semua dinas terkait ikut andil dalam menangani serta mengawasi kasus ini. Terlebih penyakit yang diderita tiga orang anak tersebut terbilang jarang dijumpai. Pada kesempatan tersebut, Badan Amil Zakat Pasaman Barat memberikan sejumlah bantuan uang dan mengupayakan agar orang tua ketiga anak itu mau mengupayakan pengobatan dan tidak merasa minder di tengah masyarakat. Selain itu kelurga juga diminta mengurus BPJS agar bisa berobat dengan gratis.

Kedepan rencananya pemerintah setempat akan membentuk tim khusus untuk menangani penyakit dan kasus langka yang terjadi di Pasaman Barat. Pasalnya jumlah kasus atau kelainan penyakit tersebut dinilai masih banyak di Pasaman Barat dan belum terdeteksi.

Wartawan : Andika
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat