Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Posko Kesehatan di Lokasi Banjir di Buka

Kontributor DaerahBencana Alam 11 Oktober 2017 JAM 06:00:07 WIB

Menyikapi masyarakat yang terdampak benjir di kecamatan Ranah Batahan, Dinas kesehatan kabupaten Pasaman Barat membuka posko kesehatan di jorong Kampung Masjid. Hal tersebut sebagai penanganan kondisi kesehatan masyarakat pasca banjir. Sesaat setelah banjir surut, sejumlah bantuan dan personil dari sejumlah instansi berdatangan ke lokasi bencana banjir di jorong Kampung Baru dan jorong Masjid kecamatan Ranah Batahan kabupaten Pasaman Barat.

Salah satunya adalah pendirian posko layanan kesehatan yang didirikan oleh puskesmas silaping dan puskesmas desa baru. Posko kesehatan yang ditempatkan pada daerah terparah, tepatnya di jorong kampung masjid diharapkan mampu memberikan bantuan dan layanan kesehatan bagi korban banjir. Menurut kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pasaman Barat Hayunidra, saat ini petugas kesehatan tengah berupaya melakukan pendataan jumlah korban yang masuk usia lansia, balita dan bayi, serta ibu hamil, karena korban banjir pada usia tersebut akan menjadi prioritas bagi petugas medis setempat.

Hingga hari pertama banjir, petugas belum menemukan keluhan dan penyakit yang menonjol dari korban banjir, Hanya saja sejumlah korban banjir memeriksakan kesehatan dan meminta obat sakit kepala. Dinas kesehatan memprediksi, dampak banjir akan mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat sekitar dua hari setelah banjir, sebab banyak dari korban banjir bersentuhan dengan air dan sejumlah kuman dari material banjir, Sehingga petugas akan tetap mendirikan posko hingga tiga hari pasca banjir nanti.

Selain menempatkan petugas medis di posko kesehatan, petugas juga melakukan pendataan langsung ke rumah korban banjir di beberapa titik, karena selain banjir, saat ini kondisi cuaca di daerah tersebut sering turun hujan, petugas menghimbau masyarakat bisa melapor apabila mengeluhkan hal yang aneh pasca banjir.

Wartawan : Andika
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB