Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Jembatan Gantung Tak Kunjung Diperbaiki

Kontributor DaerahLingkungan hidup 02 Oktober 2017 JAM 06:24:04 WIB

Meski sudah mengalami kerusakan yang cukup parah sejak beberapa tahun belakangan ini, jembatan gantung yang menghubungkan kampung nelayan dengan jorong pondok tak kunjung di perbaiki. Masyarakat menilai pemerintah mengabaikan kondisi tersebut, sehingga mengancam keselamatan masyarakat yang melintas. Berlobang dan rapuh, begitulah kondisi sebagian besar, bangunan fisik jembatan gantung yang menghubungkan masyarakat kampung nelayan dengan masyarakat jorong pondok nagari sasak kabupaten Pasaman Barat.

Kondisi jembatan terancam roboh, pasalnya di bagian pangkal jembatan sudah amblas dan terban,  sehingga saat pasang naik, bagian pangkal terus terguras arus air. Bahkan kondisi jembatan tersebut rawan apabila dilewati saat malam hari, karena tidak tersedianya lampu penerangan. Meski kerusakan jembatan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan ini, namun belum juga tersentuh perbaikan hingga sekarang. padahal jembatan tersebut merupakan akses utama masyarakat setempat, dan sejumlah pengendara yang memilih jalan pintas menuju jorong Pondok.

Masyarakat setempat mengaku selama ini, perbaikan jembatan hanya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat, menggunakan kayu dan kawat seadanya mereka berupaya menutupi bagian jembatan yang rusak dan berlobang. Masyarakat menilai pemerintah nagari atau dinas terkait tidak terlalu merespon kondisi jembatan tersebut. Padahal beberapa waktu lalu, beberapa masyarakat yang melintas sempat terpeleset dan jatuh dari jembatan. Masyarakat setempat berharap pemerintah tidak tutup mata dengan kondisi jembatan yang semakin rusak parah. Karena jika terus dibiarkan jembatan tersebut akan memakan korban jiwa.

Wartawan : ANDIKA/ ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat