Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Kerupuk Kubang, oleh-oleh khas Kota Sawahlunto

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 September 2017 JAM 06:06:33 WIB

Saat berkunjung ke kota Sawahlunto, wisatawan dapat menjadikan kerupuk kubang sebagai buah tangan untuk dibawa ke daerah asal. Harga kerupuk kubang juga sangat terjangkau di kisaran harga 4 ribu  rupiah saja. Kerupuk kubang adalah salah satu panganan khas kota Sawahlunto yang berasal dari nagari kubang, kecematan lembah segar. Kerupuk ini merupakan produksi kerajinan kerupuk ubi yang masih tetap bertahan kendati masih kekurangan bahan baku.

Salah seorang penjual kerupuk kubang yang ditemui di salah satu pasar tradisional kota Sawahlunto, nian, saat ini penjualan kerupuk kubang terbilang lesu. Menurut nian, puncak penjualan terjadi menjelang dan pasca lebaran Idhul Fitri lalu. Banyak perantau yang membeli kerupuk dengan bahan baku ubi jalar ini untuk dijadikan panganan lebaran dan oleh-oleh saat kembali ke rantau. Namun saat lebaran usai, penjualan kerupuk kubang kembali lesu.

Buk Nian juga menjelaskan cara memasak dan ukuran kerupuk kubang menentukan rasa kerupuk tersebut. Cara memasak kerupuk kubang bisa dengan cara diperam atau tidak diperam, pengeraman dilakukan selama 2 hari. Selain di pasar Sawahlunto, kerupuk kubang juga dijual warung-warung sepanjang jalur lintas Sumatera yang melintasi kota Sawahlunto serta warung di pusat kota. Harga jual kerupuk kubang relatif terjangkau di kisaran harga 4000 hingga 5000 rupiah.

Wartawan : INSAN KAMIL DAKOGA
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB