Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Gerhana Bulan Parsial

TVRI Sumatera BaratInformasi dan Teknologi 09 Agustus 2017 JAM 06:58:43 WIB

Selasa dini hari tadi proses alam gerhana bulan  kembali terjadi . Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Sumatera Barat mengamati gerhana terjadi parsial atau sebahagian. Proses pembentukan gerhana terjadi pada pukul 1.41 WIB rabu dihari, dari pengamatan sebagian bulan  gerhana ini terlihat tipis tertutup awan .

Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer ( BPAA ) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Agam. Sumatera Barat  senin malam hingga selasa dini hari melakukan pengamatan terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan  adalah proses alam terjadi  saat sebagian penampakan bulan tertutup bayangan bumi. Hal ini merupakan gejala alam yang langka karena tidak semua daerah dapat menyaksikannya.

Pengamatan itu dilakukan di halaman  mess Lapan  yang berada di Pulai Palatan.  Jorong PSB Kanagarian Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam. Pengamatanini dimulai pukul 11 WIB malam hingga selasa dini hari. Pengamatan juga terganggu oleh awan tipis sehingga beberapa waktu terlihat  tidak jelas. Namun pada puncaknya pukul 01.42 wib Lapan berhasil mengabadikan gerhana bulan sebahagian untuk wisalayah Sumatera Barat. Gerhana terlihat jelas bila menggunakan alat teropong Lapan.

Tepat pada pukul 00. 20 menit gerhana ini telah memasuki fase awal . Puncaknya pukul 01.42 WIB dimana  bulan tertutup sebagian oleh bayangan bumi . Rido Pratama pejabat fungsional Lapan mengatakan pengamatan  gerhana bulan  tidak masimal terganggu karena awan. Namun beberapa momen pihaknya dapat mengabadikan proses alam tersebut. Sesuai dengan perkiraan sebelumnya gerhana untuk wilayah Indonesia terjadi sebagian. 25 persen bulan tertutup bayangan  bumi. Sesuai dengan lintasannya gerhana bulan total  dapat terlihat di wilayah Afrika.

Wartawan : GUSRI EL FAISHAL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat