Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sumbar Targetkan 500 Ribu Hektar Untuk Hutan Masyarakat

TVRI Sumatera BaratLingkungan hidup 09 Agustus 2017 JAM 06:38:11 WIB

Pemerintah Sumatera Barat menargetkan luas hutan berbasis masyarakat 500 ribu hektar pada tahun 2017. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kesejahteran dan perekonomian masyarakat di sekitar hutan.

Dalam rangka menekan laju kerusakan hutan pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan berbagai program rehabilitasi dan perlindungan hutan. Salah satu langkah yang di tempuh dalam meminimalisasi perubahan fungsi hutan dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan. Hutan kemasyarakatan adalah hutan negara yang pemanfaatan utamanya di tujukan untuk memberdayakan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Pemberdayaan masyarakat dilihat sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat agar mendapatkan manfaat sumber daya hutan secara optimal dan adil. Melalui pengembangan kapasitas dan pemberian akses dalam rangka kesejahteraan masyarakat. Semakin banyaknya hutan berbasis masyarakat maka akan semakin besar pula peluang masyarakat di sekitar hutan untuk meningkatkan perekonomian.

Di Sumatra Barat saat ini baru terproses 200 ribu hektar hutan kemasyarakatan dari 500 ribu hektar yang di sediakan oleh pemerintah Sumatera Barat, dan sisanya di targetkan hingga 2020 nanti hal ini akan tercapai. Selain memberikan izin pengelolaan hutan berbasis masyarakat, pemerintah juga masih memiliki pekerjaan rumah lainnya yaitu pemberdayaan kelompok masyarakat dalam pemanfaatan hasil pengolahan hutan tersebut.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berharap hutan berbasis masyarakat tersebut benar benar memberikan  manfaat terhadap masyarakat sekitar hutan baik secara ekonomi mamupun manfaat lainnya.

 

 

Wartawan : NOLA / AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat