Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Antisipasi Pungli, DPRD Setujui Tarif Baru

Kontributor DaerahPariwisata 20 Juli 2017 JAM 06:32:35 WIB

Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga Kota Payakumbuh mengajukan perobahan tarif atau retribusi sejumlah tempat wisata didaerah itu.DPRD setempat mengatakan, menyetujui perobahan tarif tersebut agar tidak terjadi lagi pungutan liar di objek-objek wista yang ada.

DPRD Payakumbuh secara resmi telah menyetujui sejumlah tarif baru masuk tempat rekreasi dan olahraga yang ada di Kota Payakumbuh. Hal tersebut disetujui dalam rapat Paripurna yang digelar oleh DPRD,sebelumnya dalam rapat kerja antara DPRD Kota Payakumbuh,dinas pariwisata pemuda dan olahraga mengajukan perubahan tarif tempat rekreasi dan olahraga,namun hingga saat ini,baru perubahan tarif baru yang disetujui oleh DPRD.

Perubahan tarif,diantaranya tarif masuk ke objek wisata Ngalau Indah yang sebelumnya perorang Rp. 2.500 untuk anak-anak dan Rp. 3.500 untuk orang dewasa,diajukan menjadi Rp. 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 7.000 untuk hari libur, didalam perubahan yang diajukan itu tidak lagi dibedakan dewasa dan anak-anak seperti tarif sebelumnya.

Lalu untuk tarif ke objek wisata Ampangan yang terletak di Kecamatan Payakumbuh selatan mengalami kenaikan Rp. 4.000 hingga Rp. 5.000,dimana tarif sebelumnya Rp. 2.000 untuk anak-anak dan Rp. 3.000 untuk orang dewasa, ternyata tidak sampai disitu saja, juga  kenaikan ditempat rekreasi lain dengan besaran kenaikan hingga Rp. 1.000.

Kepada DPRD,dinas pariwisata menyebutkan bahwa dahulu dengan target yang dibebankan kepada mereka sekitar 40 juta per tahun,harga karcis masuk ke objek wisata Ngalau Indah sebesar tarif lama,dan kini pada tahun 2017,target yang mencapai 105 juta,harga karcis juga masih sama.

Dengan kenaikan tarif itu, DPRD meminta harus dibarengi dengan , pendapatan harus juga naik,pelayanan juga harus naik termasuk tidak ada lagi pungutan liar.

Sebab beberapa waktu sebelumnya, seorang petugas karcis masuk objek wisata Ngalau Indah ditangkap tim saber pungli, karena melukan pungli kepada sejumlah pengunjung di objek wisata goa Ngalau Indah.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat