Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Antispiasi Rabies, Petugas Tangkap Anjing Liar

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 20 Juli 2017 JAM 06:18:43 WIB

Dinilai meresahkan masyarakat dan menghindari bahaya virus rabies, puluhan ekor anjing liar di tangkap dinas kesehatan simpang empat Pasaman Barat, anjing liar tersebut kemudian disuntik mati oleh tim gabungan.

Semakin banyaknya anjing liar yang berkeliaran di pusat Kabupaten Pasaman Barat, tepatnya di Kecamatan Pasaman membuat sejumlah warga sekitar khawatir, warga takut anjing tersebut akan menganggu atau menyerang anak-anak yang sedang bermain.

Menyikapi hal tersebut, UPT dinas kesehatan hewan simpang empat bersama tim gabungan dari sejumlah instansi mengelar razia dan menangkap anjing liar di sekitar Kecamatan Pasaman, saat razia petugas mencari keberadaan anjing di sekitar permukiman masyarakat.

Menurut kepala UPT pusat kesehatan hewan Simpang Empat Kla Cipta, aksi ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat yang khawatir dengan keberadaan anjing liar, setelah menyurati dan mengajak instansi terkait, petugas langsung menyisir sejumlah lokasi yang diduga keberadaan anjing liar tersebut.

Setelah menggelar razia selama satu hari, petugas menemukan sedikitnya tujuh belas ekor anjing liar, bemodalkan jaring dan sejumlah alat petugas menangkap dan membunuh anjing tersebut dengan cara disuntik mati. Rencananya kedepan razia anjing liar tersebut akan terus digelar secara berkala di Pasaman Barat, terlebih untuk daerah yang dianggap rawan atau adanya laporan masyarakat yang melihat adanya anjing liar atau binatang lain yang membahayakan.

Petugas dari dinas kesehatan hewan menghimbau kepada masyarakat yang memiliki ternak atau anjing. Agar melakukan vaksi atau suntik anti rabies dan mengikat ternaknya, jika dilepaskan dan tetangkap oleh petugas maka anjing tersebut akan ditangkap.

 

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat