Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sesaat Sebelum Berangkat ke Tanah Suci, Satu Calon Jemaah Haji Kloter 7 Embarkasi Padang Meninggal Dunia

TVRI Sumatera BaratSosial 20 Mei 2024 JAM 15:29:18 WIB

PADANG - Salah satu Calon Jemaah Haji (CJH) kloter 7 Embarkasi Padang dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit M Djamil Padang sebelum keberangkatan ke tanah suci.

Diketahui, CJH kloter 7 Padang direncakan akan membawa 393 jemaah asal Provinsi Sumbar dan Bengkulu, namun salah seorang CJH atas nama Muhammad Zuir Bin Abu Bakar (74) asal Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar meninggal dunia setelah sempat diterima di Asrama Haji Tabing Padang.

Dengan begitu, CJH kloter 7 Padang yang berangkat dengan pesawat Garuda akhirnya take off pada Minggu, 19 Mei 2024 pukul 22.27 WIB dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan membawa 392 jemaah, lebih cepat 18 menit dari jadwal yang direncanakan pada pukul 22.45 WIB.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang mengucapkan belasungkawa dan turut berdukacita atas meninggalnya M Zuir.

"PPIH sudah mengupayakan dengan semaksimal mungkin, mulai dari klinik hingga ke rumah sakit namun  Allah berkehendak lain untuk beliau sehingga beliau meninggal dunia di Rumah Sakit M Djamil pukul 13.20 WIB," kata Kakanwil.

Terkait hak CJH yang meninggal, Kakanwil memastikan seluruh hak yang akan diterima keluarga almarhum akan dibantu pengurusannya serta akan diberikan secara penuh sesuai aturan yang berlaku.

Kakanwil mengatakan dengan meninggalnya salah seorang jemaah di detik-detik jemaah akan boarding,  menyebabkan kekosongan 1 seat untuk kloter 7 Padang.

"Kita sudah mengusahakan kekosongan 1 seat ini dapat terisi oleh jemaah lain, namun karena waktu yang sangat pendek, hal itu belum dapat terpenuhi", ungkap Kakanwil.

Dikatakannya, jemaah haji kloter 7 Embarkasi Padang  diberangkatkan dari (BIM) menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GIA 3307 pada pukul 22.45 WIB dan akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 1 Juli 2024 tiba di BIM pukul 00.10 WIB

Kloter 7 Padang merupakan gabungan jemaah asal Sumatera Barat, yakni dari Kabupaten Tanah Datar sebanyak 253 jemaah dan Provinsi Bengkulu dengan rincian Kabupaten Lebong 97 jemaah, Kota Bengkulu 28 jemaah, Kabupaten Bengkulu Tengah 2 jemaah, Kabupaten Seluma 2 jemaah dan Kabupaten Bengkulu Utara 1 jemaah, dengan didampingi Petugas Haji Daerah (PHD) 5 orang dan petugas kloter 5 orang.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat