Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sekolah Lima Hari Harus Didukung Pelayanan Menyenangkan

TVRI Sumatera BaratPendidikan 15 Juni 2017 JAM 06:11:56 WIB

Penerapan hari sabtu sebagai hari libur sekolah mengharuskan jam sekolah ditambah menjadi 8 jam perhari. Bertambahnya jam belajar siswa dari hari senin hingga jum’at ini harus didukung dengan pelayanan menyenangkan dari guru di sekolah agar pelajar tidak merasa bosan. Penetapan hari sabtu sebagai hari libur sekolah oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yang dilakukan mulai tahun ajaran baru 2017-2018 didukung oleh pengamat pendidikan Sumatera Barat.

Bertambahnya hari libur pelajar ini akan membuat jam sekolah dihari biasa akan bertambah hingga 8 jam perhari. Pada umumnya hampir disejumah sekolah di Sumatera Barat telah melaksanakan jam sekolah hingga sore hari sehingga pengamat pendidikan menilai tidak akan ada kendala berarti dalam penerapan jam sekolah tambahan ini kedepannya. Hanya saja kedepan pihak sekolah dan guru harus memberikan pelayanan yang menyenangkan untuk belajar di sekolah.

Karna tidak menutup kemungkinan para pelajar akan merasa jenuh dengan lamanya waktu belajar, sehinga pihak sekolah diharapkan dapat mencari strategi untuk proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Selain itu bertambahnya waktu libur pelajar ini, dinilai dapat meningkatkan kebersamaan antara anak dan keluarga karna waktu bersama yang lebih lama. Kebijakan untuk menyelenggarakan sekolah selama lima hari ini sebelumnya telah diterapkan di negara maju dan sejumlah negara lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membuat para pelajar lebih bersemangat lagi dalam menempuh pendidikan tapi dengan suasana sekolah yang nyaman sehingga para pelajar ini betah untuk belajar disekolah. Meski demikian belum semua sekolah di Sumatera Barat yang menerapkan sistem belajar full day ini karna terkendala sarana seperti keterbatasan ruang belajar yang membuat sekolah menerapkan sistem belajar dua shift.

Wartawan : SHERLY Z / JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat