Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

MENIKMATI WISATA RELIGIUS MASJID RAYA BAYUR

TVRI Sumatera BaratPariwisata 25 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

Beginilah suasana halaman Masjid Raya Bayur di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, salah satu masjid terunik dan cantik, sehingga menjadi ikon Provinsi Sumatera Barat. Selain memiliki pekarangan yang luas, masjid ini juga memiliki kolam ikan lengkap dengan air mancurnya, pengurus masjid juga menyediakan pakan ikan, sehingga pengunjung bisa memberi makan ikan. Dalam masjid juga cukup luas, dilengkapi karpet tebal dan lembut, tata ruang dengan dekorasi unik dan cantik, memberi kenyamanan bagi pengunjung, terutama yang hendak beribadah shalat lima waktu.

Masjid raya bayur berdiri sejak tahun 1905. didirikan oleh Syekh Muhammad Salim Al Khalidi bersama tokoh masyarakat, seperti Datuak Batuah, Abdul Wahid, Abdul Rahman dan Labai Nan Saliah. Pada tahun 2000 hingga 2004, masjid ini direnovasi berkat bantuan perantau, salah satu tokoh utama renovasi masjid ini adalah, Bactiar Chamsyah, pada saat itu, beliau menjadi menteri sosial Republik Indonesia.

Arsitektur bangunan mendapat sentuhan penyatuan tiga kebudayaan, yakni kebudayaan Minangkabau, Arab Dan Cina, seperti bentuk masjid tua pada umumnya, namun perbedaannya sudah modren dengan menggunakan batu alam, marmer, keramik dan granit.

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat