Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Seekor Harimau Sumatera Masuk ke Saluran Air PT PLTMH di Pasaman Barat

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 24 Maret 2024 JAM 17:55:53 WIB

SUMBAR - Seekor harimau Sumatera terekam cctv masuk ke saluran PT PLTMH Tongar di Jorong Tanjung Beruang, Nagari Kajai Selatan, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu, 23 Maret 2024 sekitar pukul 04.32 WIB.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Lugi Hartanto. Ia menyebut, pihaknya menerima laporan dari Sekcam Talamau terkait aktivitas harimau Sumatera di kawasan tersebut.

"Mendapat laporan itu, petugas WRU SKW I berkoordinasi kembali dengan Sekcam Talamau dan Wali Nagari Kajai. Kita dapatkan informasi bahwa satwa sudah keluar dari saluran air namun masih berkeliaran disekitar pemukiman warga," katanya, Minggu, 24 Maret 2024.

Selanjutnya, menanggapi informasi itu Tim WRU segera meluncur ke lokasi untuk melakukan penanganan dan verifikasi dengan melibatkan dokter hewan.

"Sesampai di lokasi tim segera melakukan verifikasi laporan ke petugas PT PLTMH Tongar dan membagi tim WRU menjadi 2, yakni 1 tim melakukan identifikasi pergerakan satwa di saluran air PT PLTMH dan tim lainnya melakukan pengecekkan laporan penampakan jejak oleh warga di dekat pemukiman warga nagari Pinaga Aur Kuning," tambahnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, terpantau cctv harimau berenang di saluran air sekitar pukul 04.32 WIB dan kemudian keluar dari saluran air dengan menginjak kayu terapung pukul 04.34 WIB. Harimau langsung melompat ke samping saluran, selanjutnya tidak terpantau lagi.

"Hasil identifikasi di saluran air atau bendungan ditemukan bekas cakaran pada dinding saluran. Namun tidak ditemukan jejak pada tanah dan arah pergerakan harimau setelah keluar," tambahnya.

Sementara, hasil identifikasi tim 2, ditemukan jejak di jalan menuju kawasan hutan Togar yang berjarak sekitar 1,5 km dari titik bendungan PT PLTMH menjauhi pemukiman warga.

"Tim dapat menarik kesimpulan bahwa harimau telah kembali ke habitatnya di kawasan hutan Togar," tuturnya.

Ia menambahkan, tim kemudian melakukan edukasi kepada warga melalui Wali Nagari Pinaga Aur Kuning dan Sekna Kajai Selatan terkait perilaku satwa dan mengimbau warga agar tetap waspada jika melakukan aktivitas di ladang serta dihimbau agar beraktivitas mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Wartawan : Tio Furqon Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat