Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Pasca Banjir dan Longsor, Kalaksa BPBD: Pemerintah Segera Lakukan Perbaikan Pesisir Selatan

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 21 Maret 2024 JAM 10:51:23 WIB

PESISIR SELATAN - Kalaksa BPBD Pesisir Selatan, Doni Gusrizal menyebut, kondisi di sejumlah wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan pasca banjir dan longsor beberapa waktu lalu, saat ini sudah masuk ke masa transisi.

Ia menjelaskan, masa transisi merupakan perpanjangan tanggap bencana yang sebelumnya sudah ditetapkan di Kabupaten Pesisir Selatan hingga 21 Maret 2024. Dalam masa transisi, pemerintah sudah bisa melakukan perbaikan terhadap infrastruktur yang rusak.

"Memang saat ini kita sudah mulai melakukan pembersihan dan pembenahan terhadap sektor-sektor yang terdampak bencana banjir dan longsor. Masyarakat juga sudah kembali beraktivitas lagi, sudah kembali ke rumah masing-masing. Berdasarkan informasi dari pusat, baik itu PU maupun BNPB akan segera melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak termasuk rumah warga," ucapnya, Rabu, 20 Maret 2024.

Di samping itu, saat ini BPBD Pesisir Selatan masih melakukan pemenuhan dasar seperti penyaluran bantuan-bantuan yang diterima BPBD dari berbagai pihak untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak.

Sementara, berdasarkan data terakhir dari BPBD, jumlah korban hingga Rabu, 24 Maret 2024 tercatat sebanyak 29 orang. 25 diantaranya sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sementara empat lainnya masih belum ditemukan.

Ia merincikan, untuk empat korban yang belum ditemukan yakni dua korban di daerah Langgai, satu korban di Kecamatan Koto XI Tarusan dan satu korban lainnya di Kecamatan Bayang.

"Memang untuk saat ini operasi pencarian korban sudah dihentikan sesuai dengan SK masa tanggap darurat yang berakhir pada 21 Maret 2024. Namun meskipun begitu, Basarnas masih standby saat masyarakat membutuhkan," katanya.

Wartawan : Tio Furqan Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat