Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

MENTERI PMK PASTIKAN KEBUTUHAN DASAR KORBAN BANJIR

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 16 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

Usai bertolak dari kabupaten Pesisir Selatan, menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan republik Indonesia,  Muhadjir Effendy, didampingi wakil gubernur sumbar Audy Joenaldi juga mengunjungi daerah terdampak banjir di kabupaten Padang Pariaman.

Salah satu kawasan yang dikunjungi yakni lokasi jembatan rusak Pulau Air dan pemukiman penduduk di perumahan Oman, Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam ini. Daerah itu salah satu kecamatan yang terparah dilanda banjir dan tanah longsor jum'at 8 maret 2024 lalu.

Kepada para korban banjir, menteri PMK Muhadjir Effendy mengucapkan turut berduka atas bencana yang melanda. Terutama adanya warga Padang Pariaman yang meninggal akibat banjir dan tanah longsor. dalam kesempatan itu ia juga menyerahkan bantuan kepada keluarga korban meninggal dan bantuan lainnya kepada korban banjir.

Kedatangannya juga untuk memastikan kebutuhan dasar korban banjir terpenuhi terutama pangan seperti beras. Dari Badan Pangan Nasional sudah tersedia 210 ton beras yang disalurkan untuk kabupaten Padang Pariaman dan kabupaten Pesisir Selatan yang kedepannya akan ditambah lagi. Yang penting para korban banjir dan tanah longsor mendapatkan kepastian mereka mereka mendapatkan pelayanan.

Dari kunjungan tersebut, pihaknya juga mengumpulkan sejumlah masalah yang nantinya akan dibawa kejakarta untuk dikoordinasikan dengan kementerian-kementerian teknis, seperti kerusakan jembatan, jalan putus dan kerusakan lainnya.

Termasuk juga terkait pemukiman- pemukiman penduduk yang rusak di kabupaten Padang Pariaman dan kabupaten Pesisir Selatan, pihaknya juga akan melakukan relokasi bagi para korban. Namun untuk penyediaan tanah disediakan pemerintah daerah, sementara untuk pembangunan rumah sepenuhnya dari kementrian.

Muhadjir Effendy juga mengapresiasi pemerintah provinsi dan kabupaten terkait koordinasi dan langkah cepat yang dilakukan terhadap korban banjir dan tanah longsor.

Wartawan : ABDUL SYAHRIL
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat