Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Hari ke Sembilan Pencarian, Satu Korban Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan Kembali Ditemukan

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 15 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

PESISIR SELATAN - Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu lagi korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pesisir Selatan pada Jumat, 15 Maret 2024 sekitar pukul 08.10 WIB.

Kepala Kantor SAR Kota Padang, Abdul Malik menyebut, korban berjenis kelamin perempuan berusia 5 tahun. Ia ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Sungai Surantih, Gunung Malelo, sekitar 21,7 km ke hilir sungai dari lokasi longsor Langgai.

"Korban yang ditemukan dievakuasi ke Puskesmas Kayu Gadang, Kecamatan Sutera. Dengan begitu, sampai dengan pukul 13.00 WIB hari ini, terdata korban meninggal dunia 25 orang dan dalam pencarian 4 orang," tambahnya.

Abdul Malik menjelaskan bahwa operasi pencarian masih terus dilakukan sesuai dengan SK Bupati Pesisir Selatan atas tanggap darurat yang ditetapkan sampai dengan tanggal 21 maret 2024.

"Kita dari Basarnas dan tim gabungan menyesuaikan, pencarian korban tetap dilanjutkan dengan terus melakukan evaluasi dan briefing operasi SAR setiap harinya," tutur Abdul Malik. 

Dikatakannya, untuk pencarian masih difokuskan di tiga sektor, yakni di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Sutera dan Kecamatan Bayang.

"Untuk pihak-pihak yang terlibat dalam pencarian ini yakni TNI, Polri, BPBD Pesisir Selatan, Damkar, PMI, Dinas Sosial, KSB, MRT Semen Padang, TRC Semen Padang, MRT Sawahlunto, Mapala Unand, Mapala Bung Hatta, Pramuka, perangkat nagari dan masyarakat," tambahnya.

Selain Kantor SAR Padang, bantuan pencarian juga dikerahkan dari Kantor SAR Bengkulu, Kantor SAR Jambi serta Kantor SAR Medan dengan menggunakan alat pendukung yang memadai.

Wartawan : Tio Furqan Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat