Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

LKAAM SOMASI BUPATI, PEMDA TEGASKAN TIDAK IKUT CAMPURI ADAT

TVRI Sumatera BaratPemerintahan 01 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

Dinilai mencampuri persoalan adat dengan surat edaran oleh Bupati Kepada Camat Kinali dan Wali Nagari se kecamatan kinali,  lkaam pasaman barat somasi bupati pasaman barat. Surat edaran bupati tersebut saat ini menimbulkan persoalan dan konflik di tengah masyarakat.

Sementara itu kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan nagari pasaman barat menegaskan pemda tidak memasuki ranah adat, melaikan untuk kepentingan pelayanan masyarakat, dan surat tersebut belum disebar dan masih tahap pengkajian.

LKAAM pasaman mengaku isi surat edaran seolah olah mengukuhkan mustikayana sebagai dipucuk adat kinali, dengan alasan perkembangan jumlah penduduk dan layanan masyarakat, padahal persoalan adat adalah urusan tokoh adat,dan tidak boleh campur tangan pemerintah.                            

Ketua LKAAM Pasaman Barat Baharuddin R mengatakan, pemerintah tidak boleh ikut campur persoalan adat, dan seharusnya menjadi penengah dan menjaga keharmonisan. Hal ini karena edaran bupati berpotensi menganggu tatanan adat yang sudah berlangsung, dan akan sikapi dengan memberikan somasi kepada bupati pasaman barat,  serta berencana menggelar hearing dengan DPRD pasaman barat tentang persoalan tersebut.

Wartawan : ANDIKA/ ANDIKA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat