Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

NELAYAN KESULITAN MENGURUS IZIN KAPAL

TVRI Sumatera BaratKelautan dan Perikanan 12 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Nelayan dan pemilik kapal dengan ukuran 10 gros ton atau gt ke atas, di Pasaman Barat mengaku kesulitan dalam pengurusan izin kapal, pengurusan izin ke pusat atau di kementrian dinilai sangat memberatkan. Jarak yang jauh dan besarnya biaya yang dikeluarkan membuat nelayan khawatir, sementara izin operasional kapalnya harus di urus, jika tidak akan terkendala secara administrasi dalam bekerja atau menangkap ikan di laut.

Ketua HNSI Pasaman Barat Darnil mengaku di Pasaman Barat sangat banyak kapal dengan ukuran di atas 10 gros ton, sementara pengurusan izin seperti sipi dan lainnya harus dilakukan ke pusat, padahalnya sebelumnya bisa di urus di tingkat Provins.

Saat ini, banyak kapal nelayan di Pasaman Barat yang harus perpanjangan izin, namun jarak yang jauh membuat mereka kesulitan, jika pengurusan izin harus di pusat mereka sangat kesulitan. Keluhan nelayan dan pemilik kapal, sudah disampaikan kepada dinas terkait, besar harapan kedepan pemerintah bisa memberikan kemudahan dalam proses perizinan sehingga nelayan bisa bekerja aman dan nyaman.

Wartawan : ANDIKA/ ANDIKA
Editor : REDAKSI SBHI


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat