Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

TANAH DATAR WASPADA LAHAR DINGIN DAN LETUSAN MARAPI

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 25 Januari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Bahaya Erupsi Marapi terus menghantui masyarakat yang bermukim dilereng Gunung Marapi, khususnya di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Selain letusan, ancaman terbesar saat ini yakni banjir lahar dingin dan hal ini seiring dengan tingginya curah hujan di wilayah tersebut.

PVMBG juga memperkirakan,  kondisi terkini terdapat lebih kurang 500 ribu meter kubik abu vulkanik di atas puncak Gunung Marapi. Abu Vulkanik tersebut bisa saja sewaktu waktu  hanyut melalui sungai sungai yang berhulu di Marapi.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar  mengaku terus meningkatkan  kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman Erupsi Marapi. Berbagai persiapan juga telah dilakukan, mulai membentuk posko pengamatan di Kecamatan terdampak, menyediakan lokasi evakuasi hingga memperbaharui seluruh jalur evakuasi.

Kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai diingatkan   untuk tidak lengah dan terus mewaspadai ancaman  banjir lahar dingin yang bisa terjadi saat intensitas hujan yang tinggi seperti saat ini.

Wartawan : ERICKA YULIDRA MARTA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat