Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

PELUANG USAHA ES CENDOL SAGU

TVRI Sumatera BaratEkonomi 14 Januari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Peluang usaha es Cendol cukup menguntungkan terutama di musim panas. Selain menyegarkan dan memiliki cita rasa yang enak, es cendol juga bermanfaat untuk kesehatan. Dalam sekali teguk, dahaga dan rasa lapar dapat teratasi bersamaan dalam waktu yang singkat. Serat dalam kandungan es cendol dapat mengenyangkan dan menambah energi dengan cepat

Salah seorang pedagang es cendol sagu di desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Yandi telah memulai usaha es cendol sagu sejak 8 tahun lalu dengan gerobak di pinggir jalan. Awalnya ia terinspirasi berjualan es cendol karena belum ada yang berjualan es cendol saat itu. Sehingga membuka peluang usaha es cendol di Desa Tuapejat. Meski demikian, usaha es cendolnya tidak langsung ramai pembeli selama empat bulan pertama berjualan. Selanjutnya, barulah ia mendapatkan pelanggan hingga saat ini karena sudah semakin banyak yang tahu.

Bahan es cendol yang ia gunakan memanfaatkan  potensi sumber daya lokal seperti tepung sagu. kemudian tepung beras, ketan, gula aren, santan, susu, es, dan bahan lainnya. biasanya waktu yang lama saat proses pembuatan es cendol yaitu saat mengaduk cendol yang menghabiskan waktu hingga satu setengah jam. menurutnya, semakin lama bahan cendol diaduk/ maka akan semakin bagus.

Wartawan : KORNELIA SEPTIN RAHAYU
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat