Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Desa Talago Gunung Pertahankan Tradisi MTQ

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 Juni 2017 JAM 06:55:29 WIB

Sejak bergabung dengan Kota Sawahlunto pada tahun 1990, dan mulai melaksanakan MTQ tahun 1991, Desa Talago Gunung rutin melaksanakan MTQ setiap tahunnya hingga MTQ ke 26 tahun 2017 ini. Melalui MTQ ini dapat menanamkan nilai-nilai agama kepada generasi muda, serta menghasilkan generasi penerus yang cerdas intelektual, emosional dan spiritualnya.

Desa Talago Gunung, Kecamatan barangin Kota Sawahlunto mempertahankan tradisi Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ tingkat desa sejak tahun 1991 lalu. Saat ini Desa Talago Gunung sudah menggelar 26 kali MTQ. Sementara Desa Talago Gunung telah bergabung dengan Kota Sawahlunto pada tahun 1990.

MTQ ini terasa semakin spesial karena sejak MTQ pertama selalu digelar setiap bulan ramadhan. Tahun ini MTQ dilaksanakan di Mesjid Nurul Huda, Dusun Koto yang diikuti total 116 peserta yang terdiri 96 orang khafilah dan 20 orang kelompok yasinan dari 4 dusun yang berada di Desa Talago Gunung. Selain itu penutupan MTQ ini selalu bertepatan pada 17 ramadhan, dimana pada tanggal tersebut adalah waktu turunnya alquran kepada Nabi Muhammad saw atau nuzul quran.

7 cabang akan dilaksanakan pada MTQ kali ini, mulai dari tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa. Panitia MTQ, Ismed Ulya mengatakan, setiap pelaksanaan MTQ juga dilakukan penyembelihan seekor sapi dan disantap pada saat berbuka puasa oleh masyarakat. Sementara itu diharapkan dengan MTQ ini dapat menanamkan nilai-nilai agama kepada generasi muda, memupuk rasa kecintaan masyarakat Talago Gunung terhadap alquran, memupuk tali silaturahmi yang semakin erat serta menghasilkan generasi penerus yang cerdas, baik cerdas intelektual, emosional dan spiritualnya.

 

Wartawan : INSAN KAMIL DAKOGA NOL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat