Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Petani Menunggu Hujan

TVRI Sumatera BaratPertanian 12 Juni 2017 JAM 06:59:07 WIB

Pasca panen padi satu bulan lalu, sejumlah  petani di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Padang belum bisa mulai bercocok tanam kembali akibat minimnya air saat ini. Tidak hanya air irigasi yang tidak mengalir, air hujan yang biasanya bisa dimanfaatkan  untuk sawah, belum  juga turun. Keberadaan air dalam aktifitas pertanian padi sawah memegang peranan penting.

Setelah melalui masa panen sekitar  satu bulan lalu, seharusnya  sekitar 5 hektar  areal persawahan di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Padang ini sudah bisa di tanami lagi. Benih padi yang sudah ditanam petani sudah siap di semaikan, namun sayangnya bercocok tanam belum bisa dilakukan  karna sudah lebih dari 2 pekan ini hujan  belum juga turun.

Air yang mengalir dari irigasi Tanjuang  Aua  atau yang melalui areal pertanian ini juga tidak lancar, akibat minimnya debit air di daerah hulu. Tanah di permukaan sawah yang tampak  retak – retak sulit di olah, namun beberapa petani tetap mengerjakan beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan seperti membersihkan areal sawah dari rumput, agar jika hujan turun lahan ini bisa segera ditanami lagi. Harga jual padi saat ini terbilang  bagus, sekitar 320 ribu per karung atau per 50 kilogram, menjadi  motivasi petani segera mulai mengolah sawahnya.

Tantangan petani di kawasan ini ternyata tidak hanya mencukupi  kebutuhan air di sawah. Saat padi menguning sejumlah hama padi datang dalam jumlah yang cukup besar seperti tikus dan burung. Kedua musuh tanaman padi ini menjadi penyebab hilangnya hasil panen padi petani hampir 50 persen. Jika dalam setengah hektar sawah petani mendapat 36 karung padi, akibat hama  tikus dan burung panen hanya menyisakan setengahnya. Petani berharap mendapat solusi agar kedua hama ini tidak datang berulang setiap kali panen dan terus merugikan petani.

Wartawan : MAQRI NELVI L/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat