Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

Arsitektur Masjid Raya Tanjung Bingkung

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 Maret 2017 JAM 06:12:33 WIB

Mesjid Raya Tanjung Bingkung yang telah berdiri sejak tahun 1928 ini ,saat ini telah selesai  direnovasi. Meski mengalami renovasi,  arsitektur lama masjid masih tetap mempertahankan gaya mesjid di Turki dan Arab Saudi yang kaya akan relief dan ornamen.

Mesjid Raya Tanjung Bingkung Kabupaten Solok ini adalah salah satu mesjid di Solok yang ternama karena arsitekturnya yang antik dan bernilai sejarah. Mesjid ini didirikan pada tahun 1928 dan selesai pada tahun 1932, pada awalnya bangunan masjid ini masih bersifat semi permanen namun saat ini  sudah di renovasi.

Mesjid Tanjung Bingkung yang berdiri diatas tanah wakaf ini direnovasi secara keseluruhan mengingat bangunan masjid yang telah mulai  lapuk dimakan usia. Bangunan Mesjid Tanjung Bingkung ini memiliki arsitektur yang cukup unik karena mengacu pada arsitektur Turki dan Arab yang kaya akan relief dan ornamen. Arsitektur bangunan mesjid raya tanjung bingkung ini dibuat oleh syech machdoem sekembali beliau dari menuntut ilmu selama 10 tahun  di wilayah mesir dan arab saudi, ,

Sementara itu diketahui pendiri Mesjid Syech Machdoem lebih dikenal dengan nama Angku Junguik, anak dari Angku Kapalo Inyiek Datuak Rajo Alam yang pada waktu itu menjadi Kepala Nagari Tanjung Bingkung. diharapkan dengan renovasi masjid tua ini, keberadaan fungsi masjid bisa lebih kuat di masyarakat.

Wartawan : ARIE PRATAMA SETIAWAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat